Papan Informasi KKA Diresmikan saat Upacara Adat Babantan

Written By Unknown on Rabu, 30 Juli 2014 | 16.13

Papan Informasi KKA yang diresmikan. Photo Kimul
Papan informasi Kesepakatan Konservasi Alam (KKA) Diresmikan oleh Deputi Regional Manager USAID IFACS Regio Kalimantan Barat, Donatus Rantan saat Upacara Adat Babantan di Desa Kepari, 25 Juli 2014 Lalu.

Papan informasi yang didirikan di persimpangan Jalan Desa Kepari dan Sepotong tersebut diresmikan dengan adat Bebisau yang dipimpin oleh seorang dukun kampung.  Tujuan dan bagaimana Bebisau dilakukan dilihat pada link ini,

Selain disaksikan oleh warga kepari, para tokoh adat dan perngkat desa Kepari, juga hadir dalam acara seremoni tersebut  team dari USAID IFACS Ketapang, Alexander Mering, Petrus Apin, Donatus Rantan, Photografer dari Komunitas Kawan Burung Ketapang, Erik Sulidra, serta pelaksana program Caritas Keuskupan Ketapang, pak Aloy.

Usai peresmian plang informasi KKA, team diarak menuju Balai yang terletak di tengah-tengah kampung untuk mengikuti proses adat Babantan, yang bertujuan untuk bersih-bersih kampung atau toak bala, serta memohon berkat kepada Tuhan agar hutan, sungai, gunung dan seisi jagat raya memberi seluruh warga desa hasil yang melimpah.  

Para tetamu disambut dengan silat kampung dan minum adat yang terbuat dari beras ketan. Donatus Rantan diminta untuk memotong umpang sebagai tanda upacara adat dimulai. (Kimul)



Dipublikasikan: Unknown ~Desa Kepari

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Papan Informasi KKA Diresmikan saat Upacara Adat Babantan yang dipublikasi oleh Desa Kepari. Terimakasih atas kunjungan anda...

Blog, Updated at: 16.13